Perbedaan Bentuk (으)ㄹ 거예요 dengan (으)ㄹ게요

Perbedaan Penggunaan(으)ㄹ 거예요 dengan (으)ㄹ게요 dalam Kalimat

Bentuk ~() ㄹ 거예요 dan ~() ㄹ 게요 merupakan bentuk kalimat Future Tense yang artinya adalah "akan".

Jika kita mengucapkan ~() ㄹ 거예요 dengan cepat maka akan terdengar seperti bunyi ~() ㄹ 게요. Sehingga banyak pemula atau bahkan yang sudah mahir bahasa Korea pun sering menyamakan kedua bentuk ini, padahal sebenarnya ada batasan penggunaan yang membedakan kedua bentuk ini.

Bentuk ~() ㄹ 거예요 mengekspresikan sebuah gagasan, rencana atau aksi yang akan terjadi tanpa mengharapkan atau memperdulikan reaksi lawan bicara. Sedangkan bentuk ~() ㄹ 게요 mengekspreksikan sesuatu yang akan datang, tapi ekspresinya membutuhkan reaksi atau pendapat lawan bicara.

Lihat perbandingan maksud kalimat di bawah ini.
Contoh Perbedaan Maksud Kalimat
Bentuk Kalimat Future Tense
~(으)ㄹ 거예요~()ㄹ게요
1공부할 거예요.공부할게요.
[kong-bu -hal kô-ye-yo.][kong-bu-hal ke yo.]
= (saya) akan belajar= (saya) akan belajar
(apapun yang terjadi) saya akan belajar; (apapun pendapat lawan bicara) saya tetap akan belajar; (tidak peduli apa reaksi lawan bicara) saya tetap akan belajar(kalau dibolehkan) saya akan belajar; (kalau keadaanya seperti ini) saya akan belajar; (kalau tidak keberatan) saya akan belajar.
(akan tetap melakukan aksi tanpa memperdulikan reaksi lawan bicara)(melakukan aksi setelah ada reaksi/pendapat dari lawan bicara)
2저 갈 거예요.안녕히 계세요.저 갈게요. 안녕히 계세요.
[cô kal kô-ye-yo. an-n'yô-ngi gye-se-yo.][cô kal ke-yo. an-n'yô-ngi gye-se-yo.]
= (saya) akan pergi. selamat tinggal.= (saya) akan pergi. selamat tinggal.
(meskipun dilarang pergi) saya tetap akan pergi; (meski tidak disuruh pergi) saya akan pergi; (tidak peduli apa reaksi lawan bicara) saya tetap akan pergi(kalau dibolehkan) saya akan pergi; (kalau diminta jangan pergi) saya tidak akan pergi; (intinya mengharapkan reaksi dari lawan bicara.).
(akan tetap melakukan aksi tanpa memperdulikan reaksi lawan bicara)(melakukan aksi setelah ada reaksi/pendapat dari lawan bicara)

Baca penjelasan tentang:
Seoulina.com - Belajar Bahasa Korea Online
Rating: 4.8/ 5 based on 937 visitor reviews.
logo web seoulina
Subscribe Post Seoulina.com