Arti dan Penggunaan Bentuk ~겠다 / (으)면 좋겠다

Makna Bentuk Akhiran ~겠다

Salah satu bentuk akhiran yang termasuk ke dalam pola kalimat Masa Depan (Future Tense) adalah bentuk akhiran ~겠다. Di mana bila dibandingkan dengan bentuk future tense ~(으)ㄹ 거예요, bentuk ini lebih kuat dalam mengekspresikan maksud kalimat dibanding bentuk ~(으)ㄹ 거예요.

Cara penggabungan akhiran ~겠다:
  • Formal: Kata kerja/sifat (tanpa 다) berakhiran VOKAL/KONSONAN + ~겠습니다
  • Informal: Kata kerja/sifat (tanpa 다) berakhiran VOKAL/KONSONAN + ~겠어요
  • Banmal: Kata kerja/sifat (tanpa 다) berakhiran VOKAL/KONSONAN + ~겠어

Bentuk akhiran ~겠다 memiliki beberapa pengertian:
  1. Dalam kalimat pernyataan orang pertama, akhiran ~겠다 mengandung arti mengekspresikan niat atau keinginan. Bentuk akhiran ~겠다 'lebih kuat' dibandingkan bentuk future tense ~(으)ㄹ 거예요, yang mana bentuk (으)ㄹ 거예요 lebih simpel dan kurang mengekspresikan niat dari pada bentuk ~겠다.
  2. Bentuk akhiran ~겠다 juga dapat digunakan untuk menyampaikan dugaan, tebakan, pikiran atau observasi. Dapat juga diterjemahkan sebagai "Saya pikir... ',' Saya yakin...',' Saya kira...','Kelihatannya ~ ',' Pastinya ~ '. Pola ini tidak dapat digunakan untuk mengekspresikan pikiran atau dugaan orang kedua atau orang ketiga dan hanya untuk mengekspresikan orang yang mengucapkannya atau yang menulisnya.
  3. Ketika bentuk ini dikombinasikan dengan (으)면 dan diikuti 좋겠다 sehingga menjadi akhiran ~(으)면 좋겠다, bisa digunakan untuk mengekspresikan suatu harapan atau keinginan.
  4. Ketika dikombinasikan dengan kata kerja 주(다) dan partikel pembentuk honorifik 시 sehingga menjadi akhiran ~주시겠다, bermakna lebih memperhalus kalimat permintaan atau kalimat perintah kepada seseorang untuk melakukan sesuatu.
  5. Akhiran ~겠다 juga bisa ditambahkan pada kata 알다 (tahu/mengerti) dan 모르다 (tidak tahu/mengerti) untuk lebih memperhalus kalimat. 알겠어요/모르겠어요 umumnya lebih halus/sopan dibandingkan dengan 알았어요/몰라요.

Future Tense
Contoh Kalimat Future Tense bentuk akhiran ~겠다
KalimatArtiKeterangan
운동화를 사겠습니다.[saya] akan membeli sepatu olahraga.Formal
음식을 만들겠습니다.[saya] akan membuat makanan.Formal
식당에서 먹겠어요.[saya] akan makan di restoran.Informal
한국말을 배우겠어요.[saya] akan mempelajari bahasa korea.Informal
나는 지금 자러 가겠어.[aku] akan pergi tidur sekarang.Banmal
다시는 전 남자친구를 만나지 않겠어.[aku] tidak akan bertemu dengan mantan pacar lagi.Banmal

Anggapan / dugaan
Contoh Kalimat bentuk akhiran ~겠다 bermakna anggapan/dugaan
KalimatArtiKeterangan
내일은 비가 오겠어.(kayaknya) besok akan turun hujan.Banmal
나도 그 문제를 풀겠어. aku juga (yakin) akan bisa memecahkan masalah itu.Banmal
어린 아이도 그런 일은 할 수 있겠어요.(saya pikir) anak kecil juga akan bisa melakukan itu.Informal
지은이는 지금쯤 미국에 도착했겠어요.(saya kira) Jieun sudah akan tiba di amerika sekarang.Informal
맛있겠다! (kelihatannya) enak!Dasar/Kamus

Harapan/Keinginan
Contoh Kalimat bentuk akhiran ()면 좋겠다 bermakna pengharapan
KalimatArtiKeterangan
등산을 갔으면 좋겠어요.[saya] ingin pergi naik gunung.Informal
서울에서 살았으면 좋겠어요.[saya] ingin tinggal di seoul.Informal
내일은 날씨 좋으면 좋겠어.[aku] harap besok cuacanya bagus.Banmal
철수가 괜잖으면 좋겠다. [aku] harap cholsu keadaannya baik-baik saja.Dasar/Kamus
Seoulina.com - Belajar Bahasa Korea Online
Rating: 4.8/ 5 based on 937 visitor reviews.
logo web seoulina
Subscribe Post Seoulina.com